English
Translate Widget by Google

Selasa, 29 Maret 2011

Merpati Dalam Budaya Masyarakat Jawa

Ada banyak cerita tentang merpati, semua berawal dari daya tarik merpati itu sendiri. Merpati secara tradisi dan budaya merupakan hewan yang terhormat bahkan menjadi bagian penting dalam ritual tertentu. Masyarakat jawa ada acara pelepasan sepasang merpati untuk acara 1000 hari setelah orang meninggal atau nyewu . Nyewu adalah ritual selamatan terakhir dari beberapa rangkaian upacara adat kematian di masyarakat jawa.

Pelaksanaannya nyewu atau 1000 hari setelah geblak dilakukan saat petang hari atau setelah magrib. Pelepasan sepasang merpati ini menjadi bagian dari ritual untuk menguatkan simbol ruh yang masuk ke alam kekal atau abadi. Slametan yang telah berpadu dengan ajaran islam menancapkan tuntunan tanpa meninggalkan tradisi adi luhung menjadi kesakralan budaya yang ada.

Hal yang menarik adalah dilakukannya pelepasan merpati, kenapa tidak burung yang lain saja?. Banyak orang akan menafsirkan berbeda tetapi pada dasarnya merpati menjadi simbol kesetiaan. Batapa setia merpati dengan pasangannya adalah salah satu simbol untuk melukiskan betapa setianya ruh manusia itu kepada sang khalik. m3rpati.blogspot.com


Artikel m3rpati lain
Trik dan Tips Mengeplek Merpati Tinggian
Layanan Merpati Pos Resmi Yang Pertama Di Dunia
Mengenal Warna Bulu Merpati
Merpati Pahlawan USA
Trik Mencintai Merpati
Trik Merumahkan / Omahke Merpati
Pagupon / Gupon Merpati Yang Baik
Trik Menjodohkan Merpati Lebih Cepat
Trik Meempelajari Merpati Dari Nol / Pemula

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites