English
Translate Widget by Google

Minggu, 03 April 2011

Pagupon Yang Baik dan Sehat

Pagupon sangat penting untuk kesehatan merpati kita. Gupon bukan hanya tempat untuk tidur dan istirahat sang merpati tetapi bisa dirancang untuk bisa menjadi tempat kawin sepasang merpati. Tentunya dengan merubah ukuran tinggi dan lebar gupon serta pencahayaan yang cukup maka hal itu dapat dilakukan.

Gupon yang baik adalah gupon yang kering, gupon yang kering akan menghindarkan dari tumbuhnya jamur dan bakteri yang bisa menggangu kesehatan merpati. Biasakn membersihkan untuk antisipasi bakteri dari pada menyemprot dengan obat anti bakteri.

Bersihkan secara rutin gupon terutama alas gupon. Model alas gupon tarikan atau slorokan memudahkan kita membersihkan kotoran atau telek merpati, jadi bikinlah gupon yang alasnya adalah papan copotan sehingga mudah dibersihkan.

Bersihkan dengan detergen dan dikocor dengan air supaya kuman ikut tersapu sampai bersih. Lokasi pencucian sebaiknya jauh dari letak kandang agar kandang lebih steril. Keringkan di bawah terik matahari agar tidak lembab saat dipasang kembali.

Gupon yang terlalu bersih seperti baru bisa membuat merpati lupa bahwa itu adalah guponnya. Hal ini sesuai dengan riset yang pernah ada di Italia. Merpati atau dara juga mengandalkan penciuman untuk mengenali rumahnya. Bahkan dalam sebuah riset oleh ilmuawan Italia bernama Gagliardo bahwa merpati memiliki dan mengandalkan penciuman yang tajam untuk bisa pulang ke rumahnya. (reff: tempointeraktif.com)

Gupon yang rapat dan kecil dari pengalaman kami baik untuk menjodohkan merpati, secara alami merpati lebih mudah templek keket. Gupon yang lebih luas dan tinggi cenderung mengawetkan templek merpati. Sampai pada perkembangannya gupon kecil dan umbaran ukuran dipadukan untuk mengawetkan templek tadi.

Gupon sebaiknya diberi warna berbeda sebagai tanda atau pengingat si merpati, karena memori merpati juga dipengaruhi oleh warna. Gupon yang baik tentu tidak kena bocor air hujan atau sinar matahari langsung.

Amankan gupon anda dari binatang pemangsa. Bila kandang anda sering kedatangan tikus besar/ wirog letakkan gupon lebih tinggi minimal 30 cm dari lantai atau dasar tanah. Wirog ini sudah tidak bisa naik ke atas bahkan dengan tinggi yang hanya 20 cm karena sifat mereka yang takut ketinggian seperti halnya kelinci.

Jangan pernah memberi pakan digupon, hindari adanya pakan didalam gupon karena pakan itu akan berjamur dan sewaktu dara terlalu lapar sisa pakan tersebut akan dilahapnya juga. Hal ini akan merugikan karena dara bisa sakit atau langsung mencret ataupun masuk angin.


Artikel m3rpati lain
Trik dan Tips Mengeplek Merpati Tinggian
Layanan Merpati Pos Resmi Yang Pertama Di Dunia
Mengenal Warna Bulu Merpati
Merpati Pahlawan USA
Merpati dalam Budaya Jawa
Trik Mencintai Merpati
Trik Merumahkan / Omahke Merpati
Trik Menjodohkan Merpati Lebih Cepat
Trik Meempelajari Merpati Dari Nol / Pemula

1 komentar:

Numpang promosi Bos-Bos Semua, klamit.
Harga tepung jamu /ons:
ginseng 40 ribu
pasak bumi 25 ribu
purwoceng 25 ribu
laos merah 14 ribu
daun sendok 14 ribu
umbi teki 16 ribu
kunyit putih 16 ribu
kunyit kuning 14 ribu
temu lawak 14 ribu
temu kunci 14 ribu
temu ireng 14 ribu
tapak liman 18 ribu
kulit manggis 12 ribu
kapulogo 14 ribu
jahe merah 16 ribu
kencur 16 ribu

***BELI DIATAS HARGA 100 RIBU, GRATIS ONGKOS KIRIM (PULAU JAWA).
***BISA KIRIM KESELURUH INDONESIA.

Sedia tepung:
**JAMU MERPATI KOLONG (campuran 11 rempah).

**JAMU MERPATI SPRINT BALAP (campuran 14 rempah).

Harga 75 ribu (nego) nyampai alamat (Pulau Jawa).

Ada Juga jamu yang sudah jadi 400 butir harga 100 ribu (nego) yampai alamat (Pulau Jawa).

ALAMAT: CANDI PUNDONG BANTUL YOGYAKARTA

Hubungi 087738096581/ 5F6F8146.

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites