English
Translate Widget by Google

Selasa, 29 Maret 2011

Merpati dalam perkembangan

Banyak hal yang kita senangi tetapi terasa sulit memahaminya. Begitu pula saat kita menyenangi merpati. Unggas ini sangat cantik karena memiliki daya tarik yang kuat. Selain warna yang beraneka macam dengan gaya terbang bermacam-macam orang awam akan mengatakan merpati memang menyenangkan.


Ketika daya tarik yang kuat membuat seseorang untuk memilikinya atau memeliharanya maka sudah seharusnya kita mempelajari bagaimana memlihara merpati itu. Hal awal yang terbesit dalam pikiran kita adalah memberi makan minum dan memberi pagupon yang layak. Cukupkah hal demikian ini?, saya pikir untuk pemula seperti saya sudah cukup untuk waktu yang relatif singkat atau hitungan hari dan minggu.

Melewati dua atau tiga bulan maka anda sudah sangat tertarik dengan merpati dan berminat dengan merpati itu. Tetapi ketika seseorang masih berminat memelihara merpati maka wajib mempelajari seluk-beluk merpati secara menyeluruh.

Cara memilih merpati yang bagus adalah langkah awal yang paling tepat untuk kesenangan ini. Banyak artikel yang bisa menjadi referensi bagi kita untuk mampu memilih merpati yang bagus. Ada yang memberi kriteria merpati bagus dari bentuk paruh, jenis mata, volume bahu dan sebaginya. Sesuai perkembangan kita akan terbawa dalam tantangan atau kompetisi.

Banyaknya kejuaraan seperti lomba merpati balap atau pos, lomba merpati tinggian, lomba merpati kolongandan lomba-lomba perpaduan lainnya secara tidak langsung memilah jenis merpati ke dalam beberapa bagian. Ada yang mengkhususkan untuk balap, tinggian, khusus pos dan sebagainya.

Bagi yang tertarik untuk mendapatkan kepuasan dan pengakuan dengan mengikuti kejuaraan tersebut maka mereka berlomba-lomba mendapatkan dan memelihara merpati yang mampu memenangi sebuah kejuaraan.

Penggemar pemula bisa menjadi breeding yang hebat setelah mengenyam banyak pengalama. Ketika demikian tidak hanya gengsi yang didapat tetapi terkadang uang menjadi tujuan. Hal ini wajar dan tidak salah, meski idealisme dari banyak penggemar merpati yang tidak mau disebut bakul atau penjual. Berawal dari persaingan inilah muncul trah-trah pemenang atau trah unggulan. Saya melihat banyak yang mengkultuskan trah-trah tersebut sampai batas unlogika atau tidak masuk akal.


Bagus tidaknya merpati bagi saya adalah relatif, yang sreg atau tepat mengena di hati adalah merpati yang paling tepat bagi seseorang itu. Soal warna dan bentuk fisik merpati dan kriteria lainnya adalah faktor berikutnya. Karena banyak breeder menjadi terkenal dan memiliki merpati hebat berawal dari kesenangan pada si individu merpati.


Artikel m3rpati lain
Trik dan Tips Mengeplek Merpati Tinggian
Layanan Merpati Pos Resmi Yang Pertama Di Dunia
Mengenal Warna Bulu Merpati
Merpati Pahlawan USA
Merpati dalam Budaya Jawa
Trik Mencintai Merpati
Trik Merumahkan / Omahke Merpati
Pagupon / Gupon Merpati Yang Baik
Trik Menjodohkan Merpati Lebih Cepat
Trik Meempelajari Merpati Dari Nol / Pemula

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites