English
Translate Widget by Google

Minggu, 03 April 2011

Trik Menjodohkan Merpati Menjadi Templek

Ada beberapa trik dasar yang harus diketahui untuk menjodohkan sepasang merpati dengan cepat. Pada dasarnya merpati yang bisa jodoh ciri awalnya adalah ketika disatukan dalam ruang si pejantan akan mbekur. Kami membedakan mbekur atau bekuran dalam dua jenis, yaitu mbekur saat pejantan menerima betina dan menolak si betina.

Pejantan yang brajak selalu mbekur ketika melihat betina di dekatnya. Bekuran saat pejantan tertarik dengan betina adalah ketika pejantan memutari betina. Bekuran ditujukan untuk menunjukkan kejantanan sekaligus menggoda si betina.

Bekuran yang menolak adalah ketika pejantan mbekur sambil mematuk si betina tanpa henti tanpa ada keinginan untuk mengawini. Bekuran si pejantan ini mirip saat merpati templek keket, atau saat betina pasangan templek keket tadi dibekurkan atau dibuat cemburu dengan pejantan lain.

Cara yang bisa dilakukan adalah mencarikan betina yang lenjeh atau siap kawin atau selalu tertarik untuk di kawini. Betina lenjeh akan mempermudah untuk dijodohkan karena si betina selalu menerima ajakan kawin si pejantan. Betina lenjeh ciri di antaranya ketika dibekuri pejantan merendahkan posisi siap ditunggangi pejantan dan si betina biasanya lebih anteng.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan ngrakep atau mengurung pejantan dan betina tadi dalam wadah yang sempit dan gelap dengan sirkulasi udara secukupnya. Wadah untuk ngrakep adalah besek atau kardus, usahakan merpati susah berdiri didalam wadah dan hanya ada satu gerakan yaitu bersentuhan dengan pasangannya. Keluarkan dari krakepan untuk dikasih makan dan minum sebentar sambil dibekurkan atau dikawinkan di kranjang umbaran.

Penggunaan obat untuk cepat templek keras secara pengalaman terus terang cara ini belum kami praktekkan. Sedikit informasi secara ilmiah memang ada obat menaikkan libido sehingga pejantan menjadi lebih agresif tetapi itu bukan faktor mutlak yang mampu cepat melengketkan templek.

Cara yang alami juga bagus dalam arti bisa lebih awet tetapi butuh waktu lama untuk bisa templek keras atau keket lengket. Cara seperti ini yaitu mengumbar pejantan dan betina, betina bebas jumlahnya dan nanti pejantan yang akan memilih sendiri pasangannya. Setelah jelas pilihannya, betina lainnya disingkirkan dan dijauhkan dari pasangan alami tadi.


Artikel m3rpati lain
Trik dan Tips Mengeplek Merpati Tinggian
Layanan Merpati Pos Resmi Yang Pertama Di Dunia
Mengenal Warna Bulu Merpati
Merpati Pahlawan USA
Merpati dalam Budaya Jawa
Trik Mencintai Merpati
Trik Merumahkan / Omahke Merpati
Pagupon / Gupon Merpati Yang Baik
Trik Meningkatkan Kemampuan Merpati
Trik Meempelajari Merpati Dari Nol / Pemula

2 komentar:

kalo masih ga mau keket gimana bang? apa perlu di ganti betinaannya ?

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites