English
Translate Widget by Google

Kamis, 07 April 2011

Trik merumahkan / omahke merpati

Merpati yang baru anda datangkan dari luar tentu haruslah anda rumahkan sebelum kita latih menjadi merpati yang bisa baik. Kita harus bisa membuatnya nyaman dikandang / pranjen kita agar saat diumbar merpati itu tidak nggeblas atau minggat ke tempat lain.

Bila kita sudah memiliki minimal 2 pasang, merpati baru biasanya akan lebih cepat kita rumahkan. Semakin banyak merpati yang ada sebagai teman semakin senang merpati baru itu, karena merpati memiliki naluri bersosial yang tinggi. Sediakan wadah air / baki terisi air untuk mandi merpati kita, bila si merpati baru sudah mau mandi sendiri maka merpati itu sudah rumah meski belum hafal gupon. Dari pengalaman cukup sehari merpati baru siap dilepas, bila anda kurang yakin lepas dulu dalam pranjen tertutup.

Bila kita membeli petalan / pisahan / ganjil sebaikmya secepat mungkin kita jodohkan. Terlebih bila itu merpati yang sudah jadi, haruslah segera dijodohkan sampe templek keras karena merpati ini memiliki kemungkinan minggat lebih besar. Selain karena telah memiliki jam terbang dan pengenalan posisi diketinggian, merpati yang kita beli misal berasal tidak lebih dari 15 km dari kandang lama bisa kembali meski sudah 3 minggu nggupon/hapal gupon, mepati ini biasanya telah sangat nyaman di rumah lama. Dan merpati yang telah nyaman dikandang lama hanya akan omah bila menerima kenyamanan yang relatif sama di kandang baru.

Sekedar tambahan bahwa ada beberapa merpati dengan ciri tertentu agak susah dirumahkan. Terlebih bila sudah rampas ataupun lar masih kurang satu. Beberapa ciri merpati yang susah diomahkan mrambon/ berhidung tebal dan besar, merpati yang memiliki sungut atau bulu-bulu disekitar hidung.

Merpati baru sebaiknya kita kurung dalam gupon dan sesekali kita keluarkan untuk kita kasih pakan di kranjang umbaran. Sampai 3 hari demikian maka merpati itu sudah hafal gupon mereka. Merpati siap di umbar dan dengan pakan yang teratur maka merpati baru sudah omah. Bila merpati itu sudah berpasangan maka sudah siap dilepas dan dilatih dengan jarak pendek.

Merpati piyikan misalnya lar kurang 5 akan mempermudah dalam merumahkan. Baik jantan atau betinanya sama saja yaitu ndalan atau mudah mengenali kandang. Karena merpati seumuran ini masih fresh memorinya, sehingga sangat mudah dilatih dalam pengenalan lingkungan sekitar.


Artikel m3rpati lain
Trik dan Tips Mengeplek Merpati Tinggian
Layanan Merpati Pos Resmi Yang Pertama Di Dunia
Mengenal Warna Bulu Merpati
Merpati dalam Budaya Jawa
Merpati Pahlawan USA
Trik Mencintai Merpati
Trik Merumahkan / Omahke Merpati
Pagupon / Gupon Merpati Yang Baik
Trik Menjodohkan Merpati Lebih Cepat
Trik Meempelajari Merpati Dari Nol / Pemula

2 komentar:

yang dimaksud lar apa sih gan

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites