English
Translate Widget by Google

Selasa, 05 April 2011

Mengenal Warna Bulu Merpati

Ada banyak warna yang menjadi dasar dari individu merpati tersebut. Di berbagai daerah ada sedikit perbedaan nama walaupun tidak mendasar. Ada yang menyebut warna-warna tersebut dengan istilah yang sedikit berbeda. Bahkan antara satu orang dengan yang lain dapat menyebut atau mengklasifikasikan warna merpati itu dengan istilah yang berbeda.

Keanekaragaman warna pada merpati disebabkan keberadaan pigmen dalam bulu atau keratin, yang disimpan selama fase awal pertumbuhannya, atau perubahan cahaya yang tergantung pada karakteristik struktur bulu tersebut. Dapat kita lihat pada perbedaan warna bulu di sekitar leher sampai tengkuk merpati saat terkena cahaya dari sudut berbeda maka akan memberi kesan warna yang berbeda pula. Hormon esterogen juga memainkan peranan penting dalam perubahan warna ini. Dari hormon inilah perpaduan warna antara betina dan jantan berasal, sehingga membuat warna merpati menjadi semakin beranekaragam.

Warna tersebut sebagian orang ada yang mengkaitkan dengan kharakter si merpati. Warna-warna tersebut memberi sugesti tentang cocok tidaknya seseorang memlihara warna tertentu. Ada yang berpengalaman kurang cocok dengan beberapa warna tertentu misal tidak cocok dengan warna blorok, tidak cocok memelihara warna bluwuk dan sebagainya.

Dari pengalaman beberapa teman yang mengutarakan warna atau jenis merpati plangkok sering mengalami eror pada waktu tertentu. Ada beberapa merpati plangkok yang sudah hafal lingkungan sekitar kandang ternyata malah bablas minggat. Meskipun sudah hapal jalur penerbangan tetapi ada kalanya jenis plangkok seperti blank untuk terbang tanpa pernah kembali. Walaupun bebrapa argumen memang benar adanya tetapi tentu bukan mutlak faktor warna. Hal di atas juga sering terjadi dengan merpati warna gambir pupur.

Selain di atas ada juga warna yang sering menjadi juara dalam beberapa kejuaraan, baik balap maupun tinggian. Warna megan atau abu-abu sering di sugestikan sebagai warna juara, entah kebetulan atau tidak warna ini yang sering mendapatkan peringkat. Megan sendiri memiliki beberapa jenis warna yang berbeda, ada megan mangsen, megan tritis dan megan polos. Pada postingan selanjutnya kami akan menampilkan contoh gambar beserta namanya.



Artikel m3rpati lain
Trik Meningkatkan Kemampuan Merpati
Tips Mengeplek Merpati Tinggian
Layanan Merpati Pos Resmi Yang Pertama Di Dunia
Merpati Pahlawan USA
Merpati dalam Budaya Jawa
Trik Mencintai Merpati
Trik Merumahkan / Omahke Merpati
Pagupon / Gupon Merpati Yang Baik
Trik Menjodohkan Merpati Lebih Cepat
Trik Meempelajari Merpati Dari Nol / Pemula

1 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites