English
Translate Widget by Google

Selasa, 29 Maret 2011

Cara menyukai merpati (dengan penuh keceriaan)

Semua benda apalagi benda hidup memang memiliki daya tarik. Kebanyakan orang pasti suka atau tertarik melihat burung merpati. itulah daya tarik merpati sebagai hewan yang menakjubkan. Kalau anda merasa kesukaan anda terhadap merpati cukup dengan melihat tanpa memiliki si merpati maka trik ini mungkin tidak berlaku.

Ketika anda sudah memiliki merpati dan kesukaan anda tidah pernah berubah menjadi lebih besar, maka trik ini mungkin bisa berguna. Untuk mencintai merpati ini sebenarnya mudah hanya butuh keuletan. Banyak orang memiliki merpati tidak terurusi, tanpa dikasih pakan, tanpa kandang yang memadai yang hanya menjadi pengganggu bagi tetangga. Masuk kerumah dan mencari makanan sembarangan.

Ada banyak hal yang mungkin berguna untuk bisa memperbesar kevintaan kita bila kondisi di atas yang terjadi. Cara pertama adalah jangan pernah bosan memberi makan merpati-merpati tersebut setiap hari. Sering-seringlah anda tangkap untuk dikandangkan atau dimandikan supaya merpati tidak liar atau takut manusia.

Jumlah merpati juga mempengaruhi tingkat kesukaan anda untuk sungguh-sungguh memeliharanya. Kalau sedikit jumlahnya, misal hanya 2 ekor atau sepasang biasanya merpati juga tidak akan betah dilingkungan itu. Minimal untuk memelihara agar awet dan menyenangkan sebaiknya 2 pasang atau 4 ekor. Dari pengalaman merpati dengan jumlah 2 pasang akan awet. Bila dari 4 ekor itu ada yang mati atau hilang segeralah ganti jangan sampai berkurang. Dari segi perawatan dan pemberian pakan juga tidaklah memberatkan. Salah satu prinsip penggemar merpati adalah," mati satu tumbuh seribu".


Prinsip ekonomi kadang memengaruhi idealisme seseorang untuk kesenangannya, maka untuk mengawali peliharalah merpati yang relatif tidak mahal dulu atau belilah yang murah dulu. Murah bukan berarti murahan alias yang ideal bila dibanding dengan tingkat kenyamanan dan kepuasan anda. Perasaan anda akan nyaman dan terasa lebih aman seumpama merpati yang tidak mahal tersebut dicuri atau hilang.

Hal yang tak kalah penting adalah mengenal teman atau komunitas pecinta merpati. Hal ini sangat penting untuk menambah feeling anda mengetahui merpati yang bagus dari ciri-ciri yang hanya bisa diketahui dari sang ahli yang berpengalaman. Jangan malu dan bosan bertanya tentang istilah-istilah berkaitan dengan merpati. Lama-kelamaan anda akan nyambung saat membahas merpati itu.

Pelajari semua hal berkaitan dengan merpati sampai paham dan akan bisa anda praktekan pada merpati anda. Misal saat sakit perawatan yang harus dilakukan, cara memandikan yang benar, cara menjodohkan merpati, cara mengawinkan merpati dan sebagainya.

Hal yang bisa menambah kecintaan anda terhadap merpati adalah mencoba melatih kemampuan merpati itu. Bila jenis merpati balap sering-seringlah dilatih, bila merpati kolongan carilah tempat melatih kolongan, bilapun belum menemukan tempat kolongan latih biasa atau tomprang dilingkungan sekitar anda. Semakin banyak teman semakin asyik melatih merpati-merpati itu.

Ketika anda sudah ditahap melatih merpati atau sering tomprangan dalam bahasa lain menyebut nggabur maka anda akan tambah nikmat dan puas bila kinerja merpati kita optimal. Misal, kepuasan saat merpati tinggian mampu terbang tinggi meski jarak nggabur cuma 1km dan mampu menukik tajam saat anda keplek. Itulah salah satu kepuasan yang menakjubkan saat memelihara merpati.

Ketika kecintaan anda sampai tahap ini, jangan lupa mengurus sisi kehidupan anda yang di merpati. Ingat dalam istilah jawa merpati atau disebut dara (baca: doro) yang berarti nyuda ra ketara (baca:nyudo ra ketoro) yang berarti mengurangi tanpa sadar. Seimbangkan rasa cinta tanpa membebani sisi hidup yang lain pada diri anda atau jangan sampai anda dikatakan maniak. m3rpati.blogspot.com



Artikel m3rpati lain
Trik dan Tips Mengeplek Merpati Tinggian
Layanan Merpati Pos Resmi Yang Pertama Di Dunia
Mengenal Warna Bulu Merpati
Merpati Pahlawan USA
Merpati dalam Budaya Jawa
Trik Mencintai Merpati
Trik Merumahkan / Omahke Merpati
Pagupon / Gupon Merpati Yang Baik
Trik Menjodohkan Merpati Lebih Cepat

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites