English
Translate Widget by Google

Kamis, 07 April 2011

Trik Meningkatkan Kemampuan Merpati

Melatih merpati sejak dini sangat penting untuk mengoptimalkan kemampuan merpati. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membuat merpati kita semakin handal. Indukan trah yang bagus kualitasnya tidak sepenuhnya menjadikan merpati anakan mereka menjadi merpati yang unggul atau berkualitas sesuai indukannya.

Begitu pula sebaliknya trah atau merpati biasa-biasa saja belum tentu anaknya biasa saja, tetapi malah bisa bagus dengan perawatan yang benar dan dilatih secara benar. Untuk merpati yang tidak masuk kriteria standar bila memang dilatih dari piyikan indil-indil, ditambah dengan multivitamin yang terjamin akan mampu optimal.

Ada beberapa hal yang memang seperti garisan takdir bagi merpati yang akan susah di tingkatkan atau diperbaiki kualitasnya. Misal kualitas bulu-bulunya, sampai saat ini kami belum mengerti bagaimana memperbaiki kualitas bulu agar menjadi rapat lar-laranya, lurus tulang bulunya, tebal dan keing bulu-bulunya. Hal ini akan terjawab dengan sabar dengan cara perkawinan silang dengan indukan dominan baik kualitasnya. Tetapi secara keseluruhan harapan untuk memperbaiki kualitas merpati selalu terbuka bila itu dilatih dan di rawat sejak dini.

Apapun kualitas merpati anda berikut ini trik yang semoga berhasil untuk mengoptimalkan kemampuan individu si merpati;
  1. Berikut sedikit trik untuk mampu mengoptimalkan otot bahu pada merpati. Merpati yang mampu mengibaskan sayap dengan lebar dan kuat haruslah memiliki otot bahu yang kuat. Jangan tertipu dengan besarnya bahu karena bisa jadi itu hanya tulangnya saja. Tulang yang besar tanpa dibalut otot yang tebal akan percuma. Mencermati dari turanggannya akan mudah mengetahui itu besar ototnya atau tulangnya atau perpaduan keduanya. Untuk memperbesar otot bahu sejak piyik mulai belajar terbang, serutlah bulu ekor atau cepot semua bulu ekor. Merpati akan mengadaptasi cara terbang dengan mengoptimalkan sayap-sayapnya. Tanpa ekor, merpati akan mengerim kecepatan dengan mengembangkan sayap dalam posisi lebih ke depan. Secara perlahan otot bahu akan kuat dengan sendirinya. Dalam tahap ini berilah asupan makanan yang banyak mengandung protein.
  2. Melatih kemampuan turun merpati. Merpati tinggian akan sangat nikmat dilihat kalau mampu turun nunjem atau thel. Arah jam 12 , 1 atau 11 adalah sesuatu yang memuaskan untuk dilihat. Untuk melatih turun nunjem merpati harus digabur/komprang/tomprang/lepas dalam posisi templek keras dengan pasangan atau keket. Sebaiknya si junior tempelk pertama sudah harus dilatih. Semakin muda semakin bagus untuk merpati trah biasa. Duetkan dengan merpati yang sudah terbukti nunjem thel atau yang senior sebagai penuntun. Kondisi merpati tandem ini sebagai guru juga harus dalam posisi templek keras. Latih secara sabar sampai si junior tadi telah menyerap gaya turun dari merpati pengalaman tersebut. Dari pengalaman kami, terbang tandem sekitar 15 kali dalam jangkauan jarak 1-3 km si junior sudah menyerap kemampuan sang guru.



Artikel m3rpati lain
Trik dan Tips Mengeplek Merpati Tinggian
Layanan Merpati Pos Resmi Yang Pertama Di Dunia
Mengenal Warna Bulu Merpati
Merpati Pahlawan USA
Merpati dalam Budaya Jawa
Trik Mencintai Merpati
Trik Merumahkan / Omahke Merpati
Pagupon / Gupon Merpati Yang Baik
Trik Menjodohkan Merpati Lebih Cepat
Trik Meempelajari Merpati Dari Nol / Pemula

2 komentar:

Bos kalau mekatih merpati balap gimana .
Tolong infonya

bos itu bisa apa tidak soalnya saya sudah coba tidak bisa

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites